Perencanaan Bisnis Dari Kerajinan Rotan

Pentingnya Perencanaan Bisnis Kerajinan Rotan

Sangat mudah untuk memulai sebuah proyek, tapi tanpa perencanaan yang matang itu seperti berjalan ke tempat asing tanpa berbekal peta begitu pula dengan suatu Bisnis Kerajinan Rotan. Pada akhirnya mungkin anda akan mencapai tujuan tersebut, tapi jangan kaget jika dalam perjalanannya anda tersesat. Banyak pemilik usaha yang mengabaikan sebuah perencanaan, terutama jika anda adalah satu-satunya orang dalam perusahaan. Alasannya sangat sederhana, proses perencanaan dapat memakan waktu. Oleh sebab itu jangan pernah sekali-sekali mengabaikan pentingnya sebuah rencana Bisnis Kerajinan Rotan karena dapat berakibat fatal.

Simak Juga :

kerajinan rotan

Rencana Bisnis Kerajinan Rotan adalah dokumen tertulis yang secara jelas menetapkan dan menjelaskan tujuan usaha dan tepat memberikan cara untuk mencapainya. Gambaran yang lengkap dan rinci tentang bagaimana anda berniat untuk menjalankan Bisnis Kerajinan Rotan yang diajukan anda, serta sebagai alat komunikasi bagi investor dan orang lain yang tertarik dalam memahami operasi dan tujuan usaha anda. Perencanaan usaha merupakan perencanaan yang sangat penting sehingga penyusunannya harus mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan masing-masing usaha secara individual. Perencanaan usaha yang baik juga harus menggambarkan dengan jelas karakteristik usaha yang sedang atau akan dilaksanakan, sehingga pihak-pihak yang tertarik dengan usaha ini dapat melihat secara langsung dan mengerti secara jelas tujuan perkembangan usaha ini di masa yang akan datang. Perencanaan usaha diperlukan oleh pihak-pihak tertentu sebagai bahan masukan utama dalam rangka penilaian ulang , untuk turut serta menyetujui atau sebaliknya menolak laporan tadi sesuai dengan kepentingannya.

Pentingnya perencaan Bisnis Kerajinan Rotan dan manfaatnya sangatlah banyak sekali diantaranya yaitu rencana bisnis akan menetapkan dan memusatkan tujuan anda dengan memanfaatkan keterangan dan penelitian yang sesuai, sebagai alat penjualan dalam menangani hubungan penting termasuk para pemberi pinjaman, investor, dan bank, serta anda dapat memanfaatkan rencana itu untuk menghimpun pendapat dan nasehat dari orang lain termasuk mereka yang terjun di bidang usaha yang akan memberi anda nasehat berharga dengan gratis,

Ada banyak langkah-langkah dalam pembuatan perencanaan usaha langkah-langkahnya diantaranya yaitu dengan membuat tahap penemuan ide, tahap menetapkan tujuan, tahap analisis, serta tahap keputusan. Pihak lain yang terlibat dalam pembuatan rencana usaha selain pelaku usaha adalah ahli hukum, akuntan, konsultan pemasaran dan engineers.
Apa anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Bisnis Tikar Rotan ini?

Macam Macam Jenis Rotan Yang Ada di Indonesia

Berbagai macam jenis rotan yang ada di Indonesia yang merupakan bahan baku dari pembuatan Lampit Rotan dan Kursi Rotan adalah sebagai berikut

Rotan Balubuk (Calamus burckianus Beccari); Disebut juga sebagai Howe balubuk (Sunda), rotan sepet, penjalin bakul (Jawa). Terdapat di Jawa.
Rotan Taman (Calamus caesius Blume); Disebut juga sebagai Sego (Aceh), Segeu (Gayo), Sego (Sumatera). Tersebar di Kalimantan dan Sumatera.
Rotan Korod (Calamus heteroideus Blume); Disebut juga Rotan Lilin. Tumbuh di Jawa.
Rotan Tohiti (Calamus inops Beccari); Disebut juga Sambutan (Sulawesi, Maluku). Tersebar di Sulawesi dan Maluku.
Rotan Lilin (Calamus javensis Blume); Tersebar di Kalimantan dan Sumatera.
Rotan Manau (Calamus manan Miquel); Tumbuh di Sumatera dan Kalimantan.
Rotan Buyung (Calamus optimus Becc.); Disebut juga sebagai Buyung, Selutup, Sega Bulu (Kalimantan).Daerah sebarannya meliputi Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera.
Rotan Seuti (Calamus ornatus Blume); Disebut juga sebagai Howe seuti, rotan kasur (Jawa Barat), rotan kesup (Bengkulu), rotan lambang (Sulawesi Tengah), rotan buku dalam (Sulawesi Utara), minong atau munau (Kalimantan). Daerah sebarannya antara lain Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.
Rotan Sigisi (Calamus orthostachyus Warburg ex Beccari); Disebut juga Popini, Tersebar di Sulawesi.
Rotan Sanjat (Calamus paspalanthus Beccari); Disebut juga Rotan Marau Tunggal. Daerah sebaran Kalimantan, Semenanjung Malaysia, dan Palawan.
Rotan Inun (Calamus scabridulus Becc); Tersebar di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.
Rotan Dandan (Calamus schistoacanthus Blume); Tersebar di Sumatera dan Kalimantan.
Rotan Semambu (Calamus scipionum Loureiro); Daerah sebarannya antara lain Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.
Rotan Irit (Calamus trachycoleus Becc); Tumbuhan endemik Kalimantan.
Rotan Manau tikus (Calamus tumidus Furtado); Tumbuh di Sumatera.
Rotan Batang (Calamus zollingeri Beccari); Disebut juga sebagai Batang putih, umul (Sulawesi), rotan air, halawaku malibat (Maluku). Tumbuh di Sulawesi dan Maluku.
Rotan Jernang Besar (Daemonorops draco Blume); Disebut juga Jernang, Beruang (Sumatera Selatan), Getik Badag (Jawa Barat), Getik Warak (Jawa Tengah). Tersebar di Sumatera dan Semenanjung Malaysia.
Rotan Seel (Daemonorops melanochaetes Blume); Disebut juga Penjalin manis, dendek, rotan getah. Tersebar di Sumatera, Jawa, Malaysia, dan Thailand.
Rotan Batang Susu (Daemonorops robusta Warburg); Disebut juga Batang susu (Sulawesi Utara), batang merah (Sulawesi Tengah), rotan bulu rusa (Seram Ambon), noko (Sulawesi Tenggara). Tumbuh di Sulawesi dan Maluku.
Rotan Getah (Daemonorops rubra (Reinw. ex Blume) Mart.). Disebut juga Rotan leules, rotan pelah, rotan selang, rotan teretes (Sunda), rotan penjalin sepet, rotan penjalin ayam (Jawa), rotan getah (Sumatera). Tersebar di Jawa dan Sumatera.
Rotan Udang (Korthalsia echinometra Beccari); Disebut juga Rotan semut, rotan dahan, rotan meiya, uwi hurang. Tersebar di Jawa, Sumatera, Bengkulu, Kalimantan, dan Semenanjung Malaysia.
Rotan Kapuas (Korthalsia ferox Beccari); Rotan endemik Kalimantan.
Rotan Dahanan (Korthalsia flagellaris Miq); Tersebar di Sumatera, Kalimantan, dan Semenanjung Malaysia.
Rotan Sampang (Korthalsia junghuhnii Blume); Disebut juga Howe sampang, owe menceng. Tersebar di Jawa dan Sumatera.
Rotan Cabang (Korthalsia rigida Blume); Disebut juga sebagai Rotan dane (Aceh), rotan cabang dan rotan simpang (Berau, Kalimantan Timur), rotan marau (Sanggau, Kalimantan Barat). Tersebar di Jawa, Sumatera, Semenanjung Malaysia, Kalimantan, Palawan, dan Thailand.
Rotan Bubuai (Plectocomia elongata Martius ex Blume); Hoe bubuai (Sunda), menjalin warak (Jawa). Daerah sebarannya meliputi Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.
Rotan Langgane (Plectocomia mulleri Blume); Disebut juga Rotan langgane (Kalimantan Tengah); Rotan sadak, Sanggau (Kalimantan Barat), Berau (Kalimantan Timur). Tersebar di Kalimantan dan Semenanjung Malaysia.
Rotan Maldo Jormal (Plectocomiopsis gemini?ora (Griff.) Beccari); Wi matar, rotan batu (Kalimantan), rotan gilang (Malaya), bungkulang, rotan buluh (Sumatera). Tersebar di Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaysia, dan Thailand Selatan.
Rotan Samare (Plectocomiopsis mira J.Dransf.); Disebut juga Rotan marak, Wi matar, Samare (Kalimantan). Tersebar di Sumatera, Kalimantan, dan Semenanjung Malaysia.
Ke 29 jenis rotan yang tertulis di sini tentu masih sangat kecil dibanding dengan total spesies yang dipunyai Indonesia yang mencapai 312 jenis. Meskipun dari 29 jenis itu saja kita akan langsung tersadar akan besarnya keanekaragaman hayati Indonesia, khususnya dalam jenis-jenis rotan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s